Sabtu, 04 Desember 2010

Rahasia Aneh Kehidupan Sperma



Sperma adalah sesuatu yang mengagumkan dan banyak rahasia yang belumbisa diketahui. Salah satu rahasianya, sperma hanya bisa berenang majudan tidak bisa mundur. Apalagi rahasia siklus kehidupan dari sperma?

Spermamemiliki siklus kehidupan tertentu mengenai berapa waktu yangdibutuhkan agar matang dan juga berapa lama sperma bertahan di dalamtubuh perempuan. Hal ini bisa membantu seseorang memahami lebih lanjuttentang spema.

Seperti dikutip dari Foxnews, Sabtu(4/12/2010) Dr David Shin, kepala pusat kesehatan seksual dan fertilitasdi departemen urologi dari Hackensack University Medical Center di NewJersey menuturkan beberapa rahasianya:

1. Sperma diproduksi ditestis dan membutuhkan waktu selama 10 minggu untuk menjadi matang.Sperma yang matang ini bisa menunggu selama dua minggu di daerah yangdisebut epididimis (waduk penyimpanan sperma), organ ini berada di atastestis.

2. Berat dari sperma manusia sebesar 55 mikron (mikrometer atau sepersejuta meter).

3.Sperma ini sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'biji ataubenih', yang hanya bisa berenang maju dan tidak bisa mundur.

4. Bentuk sperma yang normal memiliki kepala dan ekor, sedangkan yang abnormal memiliki dua kepala atau dua ekor.

5.Laki-laki yang sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari.Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volume air maninormal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1sendok makan ukuran Inggris).

6. Dari setiap cairan semen (airmani) hanya terdapat sperma sebanyak 5 persen. Kebanyakan cairan semenini terdiri dari cairan yang memberikan nutrisi serta menjadi pelindungpada saat sperma masuk melalui saluran reproduksi perempuan.

7.Sperma bisa bergerak rata-rata sejauh 1-4 milimeter per menit. Untukmenempuh perjalanan menuju sel telur di dua tabung falopi, spermamembutuhkan waktu 45 menit - 3 jam.

8. Dari sperma yang keluarsaat ejakulasi, hanya sekitar 25-50 persen saja yang bisa bergerak majudengan baik, dan terkadang ada sperma yang membutuhkan waktu selama 3hari untuk mencapai sel telur.

Sperma yang sudah masuk ini bisabertahan hidup sampai 5 hari di dalam rahim perempuan. Kondisi inimembuat seseorang bisa hamil setelah beberapa hari melakukan hubunganseksual.

9. Sperma ini mengandung Y dan X, sperma Y untuk membuatanak laki-laki dan berenang lebih cepat karena beratnya lebih sedikitdibanding sperma X (untuk membuat anak perempuan).

10. Untukmeningkatkan pergerakan dari sperma agar bisa berenang dengan cepat danbaik adalah mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, mengurangistres, berolahraga secara teratur, memperhatikan berat badan,menghindari penggunaan narkoba dan membatasi asupan alkohol


0 komentar:

Posting Komentar